NOOTROPIL

Nootropil sebenarnya BUKAN “standart of practice” yang umum diberikan untuk anak dgn gangguan belajar/ bahasa/ tulisan. Seperti saya utarakan di email yang lalu, obat ini BELUM evidence-based, bahkan di US belum FDA approved untuk indikasi tsb, tapi sudah dipakai di Eropa bertahun-tahun lamanya. Mechanism of actions nya belum sepenuhnya dimengerti. Dikatakan obat ini bekerja pada susunan saraf pusat. Pada hewan percobaaan, obat ini dapat meningkatkan stabilitas dari membran sel dari sel2 saraf pada susunan saraf pusat, meningkatkan aktifitas metabolisme saraf sehingga sel2 saraf dapat memproduksi lebih banyak energi. Dikatakan juga obat ini dapat meningkatkan kepadatan neuroreceptor ( receptor pada sel saraf yang bertanggung jawab untuk menghasilkan reaksi dari neurotransmitter ) sehingga dapat dipakai untuk mencegah penuaan otak dan mencegah alzheimer. Obat ini juga dapat meningkatkan respons dari cholinergic receptor di otak, yg sangat penting untuk daya ingat.

Ada beberapa clinical trial yang dilakukan pada anak dengan gangguan belajar dan dyslexia dengan obat ini dengan hasil yang mixed ( beberapa hasil clinical trials terlampir di bawah ).

Untuk Pak J : Kalau sudah mengkonsumsi Nootropil, TIDAK PERLU menambah lagi dgn Encebion, karena isinya sama2 Piracetam. Saya percaya DSA bapak sudah memberikan Nootropil dengan dosis yang cukup. Konsumsi berlebihan dari suatu zat aktif/ obat akan meningkatkan incidence side effects (agitasi, nausea, stomach ache). Penggunaan sampai 36 minggu tidak ditemukan any side effects pada salah satu clin trial. Tapi harus diingat juga bahwa pada trial yg lain (pada orang dewasa), side effect timbul pada 1-3% dari pasien seperti hyperkinesia, insomnia, weight increase, somnolence, nervousness and depression. Jadi perlu diperhatikan gejala2 side effects tsb pada anak bapak. Selama fungsi ginjal dan liver normal, dan tidak ada side effect yang timbul, obat ini bisa diteruskan.

Utk Ibu U :

Sel sel syaraf otak seseorang biasanya 90% sudah terbentuk dalam usia 1 tahun, tetapi sel2 saraf dapat membentuk koneksi2 baru yang diperlukan untuk mengembangkan berbagai fungsi. Hal ini dapat menjelaskan mengapa dapat terjadi proses penyembuhan pada pasien stroke yang sel saraf nya sudah mati. Jadi kalau ada bagian otak yang tidak berfungsi , bagian otak lain akan sedapat mungkin mengambil alih fungsi dari bagian otak yang tidak berfungsi tsb. Dan program2 rehabilitasi membantu sel2 otak yang masih sehat untuk mengadakan koneksi2 baru untuk mengambil alih fungsi otak yang tidak berjalan sebagaimana mestinya. Jadi ibu tidak usah khawatir , meskipun syaraf otak anak sudah “jadi”, tapi masih bisa diperbaiki. Saya sarankan ibu tetap teruskan program ABA, speech dan occ therapies.

Penggunaan Nootropil harus dengan pantauan dokter. Saya sarankan ibu berkonsultasi dengan dokter yang menangani anak ibu tentang penggunaan obat ini. Sebenarnya penggunaan obat ini terpulang pada masing2 pendapat dokter. Ada dokter yang punya prinsip “It’s no harm to try” meskipun belum evidence based, karena side effect obat ini juga minim, dan hasil positive / improvement juga ditemukan pada sebagian trials. Tapi ada juga dokter yang tidak akan memberikan obat yang belum evidence based (terutama dokter2 di teaching hospitals), karena hanya menghambur2kan uang tanpa ada hasil pasti yang dapat dipertanggung jawabkan.

Clinical trials piracetam kebanyakan dilakukan dengan anak dyslexia (unable to interpret written language):

1. 80 anak dengan ADHD : hasil positive untuk anak yang diberikan piracetam dengan dosis yang lebih tinggi (70 mg / kg) dibanding lower dose, terutama behavioral,motor dan attention (Korsakova, 2004).

2. 60 anak dengan dyslexia : hasil sama saja dengan placebo dalam hal reading, tapi group piracetam mendapat kemajuan dalam word recognition( Ackerman PT, et al , Univ of arkansas, 1991)

3. 225 anak dengan dyslexia : hasil positive : showed significant improvements in reading ability dan comprehension. Hasilnya bagus stl 12 minggu dan stl 36 mg.(Wilsher CR, et al,1987)

4. 60 anak dgn dyslexia : Hasil: no significant difference dgn placebo dalam hal accuracy or comprehension of prose reading, tapi pada group piracetam ditemukan bahwa anak lebih cepat dlm first trial learning dan long term

storage, dan single word reading.

5. 55 anak dengan dyslexia ( 12 minggu) : tidak ada perbedaan yang significant dalam hal persepsi, memory, language, reading accuracy and writing accuray. Tetapi reading speed and numbers of words written secara significant meningkat pada anak dengan piracetam. Effective reading dan writing ability juga meningkat pada group piracetam. ( Tallal P, et al)

Demikian keterangan dari saya. Hope it helps.

 

Sumber : http://puterakembara.org/archives/00000114.shtml

 

 

Piracetam
Dari Wikipedia, ensiklopedia bebas
Nama dagang Breinox, Dinagen, Lucetam, Nootropil, Nootropyl, Oikamid, dan banyak lainnya
AHFS / Drugs.com Internasional Nama Obat

Piracetam (dijual dengan nama merek banyak) adalah obat nootropic. Nama kimia Piracetam adalah 2-okso-1-pyrrolidine acetamide, itu saham struktur 2-okso-pirolidon dasar yang sama dengan 2-okso-pyrrolidine asam karboksilat (pyroglutamate). Piracetam adalah turunan siklik dari GABA. Ini adalah salah satu dari kelompok racetams. Piracetam diresepkan oleh dokter untuk beberapa kondisi, terutama mioklonus, [1] tetapi digunakan off-label untuk berbagai aplikasi yang lebih luas.

Nama dagang yang populer untuk Piracetam di Eropa adalah “Nootropil” dan “Lucetam”, di antara banyak lainnya. Di Amerika Selatan, dibuat oleh Laboratorios Farma SA dan dijual di bawah nama merek Breinox di Venezuela dan Ekuador.

Efek

Ada data yang sangat sedikit pada efek piracetam terhadap orang yang sehat, dengan studi paling berfokus pada orang dengan kejang, demensia, gegar otak, atau masalah neurologis lainnya. Namun, dua minggu rejimen piracetam ditemukan untuk meningkatkan memori verbal dalam mahasiswa sehat dalam studi double-blind, terkontrol plasebo. [2]

Pada tahun 2008, sebuah komite dari Akademi Ilmu Kedokteran Inggris mencatat bahwa banyak dari uji klinis dari piracetam untuk demensia cacat metodologis. [3] Namun, sejumlah studi individu yang positif mendukung penggunaan piracetam pada orang yang menderita berbagai kognitif gangguan, [4] [5] dan tahun 2002 meta-analisis menyimpulkan bahwa piracetam memiliki efek terapi pada pasien yang lebih tua dengan gangguan kognitif. [6]

Beberapa meta-review literatur tentang piracetam piracetam menunjukkan bahwa meningkatkan kinerja pada berbagai tugas kognitif antara anak-anak disleksia, meskipun ini mungkin mencerminkan peningkatan yang lintas-belahan otak komunikasi dan fungsi kognitif secara umum, daripada perbaikan khusus dalam apa pun penyebab disleksia . Piracetam juga tampaknya menghambat kerusakan otak disebabkan oleh berbagai faktor termasuk konsumsi alkohol yang berlebihan hipoksia dan [7]. [8]

Piracetam telah dipelajari dalam jumlah yang ekstensif percobaan klinis, dan telah menunjukkan hasil positif dalam pengobatan pasca stroke afasia, epilepsi, kognitif penurunan setelah jantung dan bedah otak, demensia, [6] dan myoclonus [9]. [10] Efek perifer vaskular yang telah menunjukkan penggunaan untuk vertigo, disleksia, dan anemia sel sabit serta [4].

Piracetam memiliki efek antihypoxic dan antiaritmia diucapkan, yang terakhir dilakukan dengan mengurangi tingkat ritme dan meningkatkan amplitudo kontraksi. Hewan-hewan diobati dengan piracetam dalam dosis ketika efek antiaritmia nya (300 mg / kg) menunjukkan penurunan potensi membran eritrosit dibandingkan dengan kontrol. Efek yang sama terjadi pada hewan diperlakukan dengan lidokain. Hal ini dapat disimpulkan bahwa dalam beberapa jenis aritmia penggunaan piracetam mengembalikan irama normal kontraksi yang mungkin dihubungkan dengan pengaruh positif pada proses metabolisme dalam miokardium. [11]

Piracetam muncul untuk meningkatkan komunikasi antara kedua belahan otak, dan meningkatkan aktivitas corpus callosum [12] [13].
[Sunting] Mekanisme tindakan

Mekanisme piracetam tentang tindakan, seperti racetams pada umumnya, tidak sepenuhnya dipahami. Obat pengaruh fungsi saraf dan pembuluh darah dan fungsi kognitif tanpa pengaruh bertindak sebagai obat penenang atau stimulan [4]. Piracetam adalah modulator alosterik positif dari reseptor AMPA. [14] Kutipan Ini adalah hipotesis untuk bertindak pada saluran ion atau operator ion, [ diperlukan] sehingga mengarah ke non-spesifik rangsangan neuron meningkat, sementara menjelaskan kurangnya efek agonis atau penghambatan pada aksi sinaptik (cukup tidak seperti kebanyakan neurotransmitter), dan toksisitas rendah [15] GABA otak metabolisme dan reseptor GABA. tidak terpengaruh oleh piracetam . Telah ditemukan untuk meningkatkan aliran darah dan konsumsi oksigen di bagian otak, tetapi hal ini dapat menjadi efek samping dari aktivitas otak meningkat daripada efek utama atau mekanisme tindakan untuk obat. [16]

Piracetam meningkatkan fungsi neurotransmitter asetilkolin melalui muskarinik (Ach) reseptor kolinergik yang terlibat dalam proses memori [17] Selanjutnya, Piracetam mungkin memiliki efek pada reseptor NMDA glutamat, yang terlibat dengan proses belajar dan memori.. Piracetam adalah pemikiran untuk meningkatkan permeabilitas membran sel. [17] [18] Piracetam dapat memberi efek global pada neurotransmisi otak melalui modulasi saluran ion (yaitu, Na +, K +) [15]. Telah ditemukan untuk meningkatkan konsumsi oksigen di dalam otak, tampaknya dalam kaitannya dengan metabolisme ATP, dan meningkatkan aktivitas kinase siklase dalam otak tikus [19]. [20] Piracetam tampaknya meningkatkan sintesis sitokrom b5, [21] yang merupakan bagian dari mekanisme transpor elektron di mitokondria . Hal ini juga meningkatkan permeabilitas mitokondria dari beberapa perantara siklus Krebs. [19]
[Sunting] Sejarah

Piracetam pertama kali disintesis pada tahun 1964 oleh para ilmuwan di UCB perusahaan Belgia farmasi dipimpin oleh Dr Corneliu E. Giurgea; dikejutkan oleh kemampuan nyata untuk meningkatkan fungsi mental pada individu bahkan sehat dan keamanannya, Giurgea diciptakan dengan nootropic istilah untuk menggambarkan dan lainnya zat. Piracetam (nama dagang “Nootropil”) diluncurkan oleh UCB klinis pada awal tahun 1970, dan kemudian digunakan di banyak negara Eropa. [22]
[Sunting] Persetujuan dan penggunaan

Piracetam terutama digunakan di Eropa, Asia, Amerika Selatan dan Amerika Serikat. Piracetam adalah hukum untuk diimpor ke Inggris untuk penggunaan pribadi dengan atau tanpa resep, dan tidak diatur di Amerika Serikat, seperti tahun 2006 [23] Namun., Pada bulan Agustus 2010, FDA mengeluarkan surat tunggal untuk satu pemasok memesan penghentian tersebut dari penjualan Piracetam di Amerika Serikat sebagai suplemen diet karena dengan definisi yang relatif ketat tentang apa yang merupakan suplemen makanan. Menurut pasal 201 (ff) (1) dari Undang-Undang, 21 U.S.C. § 321 (ff) (1): Piracetam bukanlah vitamin, mineral, asam amino, herbal atau botani lainnya, atau zat makanan untuk digunakan oleh manusia untuk suplemen diet dengan meningkatkan asupan makanan total. Selanjutnya, piracetam tidak konsentrat, metabolit, konstituen, ekstrak atau kombinasi dari setiap bahan makanan seperti [24]. Sejak April 2011, Piracetam terus menjadi banyak tersedia secara online dan di beberapa toko di Amerika Serikat, tetapi tidak lagi dipasarkan sebagai suplemen diet. Piracetam tidak memiliki DIN di Kanada, dan dengan demikian tidak dapat dijual tetapi dapat diimpor untuk penggunaan pribadi di Kanada. [Kutipan diperlukan] Hal ini telah menjadi populer sebagai obat peningkatan kognitif antara siswa [25] Hal ini digunakan oleh orangtua sebagai pengobatan. Untuk autis anak, [kutipan diperlukan] praktek setidaknya sebagian didukung oleh penelitian klinis. [26]
[Sunting] Penuaan

Piracetam muncul untuk membalikkan efek penuaan pada otak tikus [27]. [28]

Piracetam muncul untuk mengurangi tingkat lipofuscin dalam otak tikus [29]. (Akumulasi Lipofuscin merupakan gejala umum penuaan dan alkoholisme.)
[Sunting] Alkoholisme

Piracetam tampaknya efektif dalam mengobati gangguan kognitif pada alkoholisme. [30] [31] [32] [33] [34] [35]
[Sunting] Alzheimer dan pikun

Piracetam tampaknya efektif untuk meningkatkan kognisi pada penyakit Alzheimer dan pikun pasien, [36] [37] [38] [39] [40] meskipun temuan ini masih tertantang [41].
[Sunting] Pembekuan, koagulasi, gangguan vasospastic

Piracetam berguna sebagai pengobatan jangka panjang untuk pembekuan, koagulasi, dan gangguan vasospastic seperti fenomena Raynaud [42] dan mendalam-vena trombosis [17] [43]. Ini adalah agen anti-trombotik sangat aman yang beroperasi melalui novel mekanisme agregasi platelet dan meningkatkan deformabilitas sel darah [17] Karena tradisional anti-trombotik obat beroperasi melalui mekanisme terpisah dari faktor pembekuan menghambat, co-administrasi piracetam telah terbukti sangat melengkapi efikasi dan keamanan Warfarin tradisional /. Heparin anti-koagulasi terapi [44]. Rentang pengobatan yang paling efektif untuk menggunakan ini adalah dosis harian 4,8-9,6 gram dibagi menjadi tiga dosis harian pada 8 jam terpisah. [43] Piracetam diselidiki sebagai pelengkap atau alternatif untuk Warfarin sebagai pengobatan jangka panjang aman dan efektif untuk thrombosis vena berulang. [43]
[Sunting] Depresi dan kecemasan

Beberapa sumber menunjukkan bahwa efek secara keseluruhan pada depresi dan kecemasan menurunkan lebih tinggi dari meningkatkan memori. [45]
[Sunting] Stroke, iskemia dan gejala

Piracetam telah ditemukan untuk meningkatkan kognisi setelah stroke, dan mengurangi gejala, seperti afasia [37]. Hal ini juga meningkatkan kognisi dalam kasus-kasus iskemia kronis. [46] [47]
[Sunting] dyspraxia dan dysgraphia

Karena efeknya seharusnya pada saraf dan otot kadang-kadang diresepkan sebagai bantuan untuk otot atau pelatihan ketangkasan, khususnya dalam hal dysgraphia dan dyspraxia. Belum ada penelitian spesifik, apakah itu bermanfaat dalam hal ini. Vinpocetine, nootropic lain yang diakui secara tidak langsung piracetam sinergis, dikonfirmasi untuk membantu dengan kondisi ini untuk tingkat tertentu. [Rujukan?]
[Sunting] Skizofrenia

Setidaknya satu studi menunjukkan bahwa, sementara piracetam positif mempengaruhi kognisi pasien yang menderita skizofrenia dengan cara yang sama seperti yang positif mempengaruhi kognisi orang lain, skizofrenia keparahan subyek ‘tetap tidak terpengaruh, baik atau buruk [48].
[Sunting] Pencegahan untuk menahan nafas-mantra

Dua artikel mendukung penggunaan Piracetam sebagai profilaksis untuk kasus yang parah nafas-menahan mantra. Sebuah studi 2008 di International Journal of Psychiatry Kedokteran mendukung gagasan yang Piracetam efektif sebagai pencegahan, tapi tidak menggunakan kontrol untuk mengevaluasi hasil terhadap waktu pemulihan normal dari BHS parah. [49] Sebuah penelitian tahun 1998 oleh Departemen kesehatan Turki dievaluasi 76 anak-anak, setengah dari mereka dalam kelompok kontrol. Anak-anak dalam kelompok eksperimen tiga kali, dan hampir sepenuhnya mungkin, untuk menunjukkan “kontrol keseluruhan” atas BHS, dengan episode BHS menurun sebesar 60% selama dua bulan [50].

Studi tahun 2008 catatan:

Mantra menahan napas (BHS) adalah peristiwa yang tampaknya menakutkan terjadi pada anak-anak yang sehat. Umumnya, ada pengobatan medis yang dianjurkan dan meyakinkan orangtua diyakini cukup, namun, BHS parah bisa sangat stres bagi orang tua dan agen farmakologis yang diinginkan pada beberapa anak-anak.

[Sunting] trauma craniocerebral Tertutup

Piracetam memiliki efek terapi positif pada remaja dengan trauma craniocerebral tertutup (CCT). Pengobatan dengan piracetam dimulai 1,5 sampai 5 tahun setelah trauma. Dibandingkan dengan kontrol, setelah satu bulan pengobatan setiap hari dengan 1600-2400 mg piracetam ada perbaikan yang berarti dan signifikan dalam fungsi-fungsi mental yang lebih tinggi (memori perhatian, visual dan eksekutif), fungsi motorik (kiprah, keseimbangan dan gerakan anggota badan sekuensial) dan dalam tingkat operasi kognitif dan motor [51].
[Sunting] Dosis

Untuk gangguan pembekuan darah, pembekuan, dan vasospastic seperti fenomena Raynaud atau deep-vena trombosis, rentang perawatan yang paling efektif adalah dosis harian 4,8-9,6 gram dibagi menjadi tiga dosis harian pada 8 jam terpisah [17] [42]. [ 43] Banyak orang mengambil dosis 800mg dua kali per hari untuk meningkatkan kognisi. [52] LD-50 untuk konsumsi oral pada manusia belum ditentukan. [15]
[Sunting] Efek samping

Piracetam telah ditemukan memiliki efek samping yang sangat sedikit, dan mereka biasanya memiliki “sedikit, ringan, dan sementara.” [53] Sebuah skala besar, 12-minggu percobaan dosis tinggi piracetam tidak menemukan efek samping terjadi pada kelompok mengambil piracetam dibandingkan dengan kelompok plasebo. [54] Banyak penelitian lain juga telah ditemukan piracetam dengan baik-ditoleransi [9]. [53] [55]

Gejala rangsangan umum, termasuk kecemasan, insomnia, iritabilitas, sakit kepala, agitasi, kegelisahan, dan tremor, kadang-kadang dilaporkan. [56] [57] Sakit kepala dari dosis besar piracetam dapat diatasi dengan pemberian bersamaan dari sebuah prekursor biosintesis asetilkolin, atau obat dengan efek kolinergik, seperti bitartrat kolin, kolin sitrat, kolin alfoscerate, lesitin, cyprodenate atau centrophenoxine [56] [57].

 

Sumber : http://en.wikipedia.org/wiki/Piracetam

  1. Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s